06 Desember 2008

Ibu Ndak Bilang Begitu

Ibu marah. Bukan sama Mbak Ajeng. Tapi sama lingkungan rumah yang sangat nggak mendidik. Duh, ampun. Gila. Sekitar empat bulan lalu, Mbak Ajeng pernah bilang ke ibu: 'Ibu, ngelamak." Muka ibu langsung merah. Mbak Ajeng bukan ngatain ibu ngelamak. Tapi ngasih tau, pamer kalau Mbak Ajeng punya satu vocabulary baru. Ibu sedih, kenapa anak tiga tahun cantik ini bisa ngomong jelek begitu.
Ibu tanya dengar dari siapa? Siapa yang ngajarin? Mbak Ajeng sebut nama tetangga, yang usianya lebih besar tentu saja.

Ibu memang sering dengar orang-orang ngucapin kata itu. Biasa mungkin untuk ukuran orang besar. Tapi sangat kasar bagi ibu untuk diucapkan Mbak Ajeng. Ibu minta Mbak Ajeng jangan nyebut kata itu lagi. "Jelek, sayang. Ibu tidak pernah bilang begitu. Ayah juga tidak. Mbahti tidak. Mbahkung tidak." Lalu Mbak Ajeng nggak pernah bilang itu lagi sampai sekarang.

Hampir bersamaan dengan itu, Mbak Ajeng juga ngucapin kata yang kurang lebih sama nggak pantasnya menurut ibu. Mayak dan nggateli. Kata-kata ini mungkin saja tidak diajarkan para tetangga untuk diucapkan oleh Mbak Ajeng. Tapi Mbak Ajeng niruin karena sering sekali dengar. Sama dengan ngelamak, Mbak Ajeng sudah nggak pernah bilang itu semua lagi. Kecuali kalau ada kata baru yang juga jelek dan masuk kategori kosa kata terlarang.
Misalnya waktu Mbak Ajeng pulang main dan tau-tau nyebut goblik. Kata itu ibu pernah dengar diucapin teman-teman main salah satu geng (Mbak Ajeng punya beberapa kelompok gaul di rumah). "Ajeng ndak ngomong goblik, goblok, mayak, nggateli, ngelamak. Itu elek itu. Ibu ndak bilang begitu. Ayah endak. Mbahti endak. Mbahkung endak," kata Mbak Ajeng, mengabsen sendiri kata-kata larangan itu, tiap ada satu tambahan kata jelek yang baru.

Selanjutnya ada lagi beberapa yang menurut ibu sangat nggak mendidik: taek (duh...), maleess (diucapkan sebagai jawaban kalau ada yang nawarin sesuatu, dengan nada melecehkan), dan kurang ajar. Yang terakhir ini -sedihnya- didengar Mbak Ajeng dari mbahti. Diucapkan mbahti sambil tertawa kalau Mbak Ajeng rada usil. Ibu menyesal kenapa ibu tidak melarang mbahti duluan, karena khawatir jadi salah paham. Selain itu, ibu sendiri merasa heran masa sih harus dibilangi juga? Belakangan, kalau Mbak Ajeng ngabsen kata-kata jelek, dan pas di kata penutup bahwa "mbahti juga ndak bilang begitu", Mbak Ajeng nyambung begini: "Mbahti bilang 'tak keplak' gitu e.." Aduh!! Ibu langsung masukin juga itu dalam daftar. Dan alhamdulillah Mbak Ajeng tidak pernah mengatakan itu semua.

Kalau dengar ada siapapun -ibu, teman, kasir Indomaret, tamu, tetangga, sodara, dsb- bilang salah satu kata itu, Mbak Ajeng langsung berteriak: "Eleeek!!", atau bilang ke ibu, "Itu elek ya Bu, ya?". Ibu hanya kena peringatan yang sama dari Mbak Ajeng, kalau ngucapin kata malas, walau dengan nada biasa dan dalam artian yang sesungguhnya. Misalnya ayah ngajak keluar Minggu siang pas panas-panasnya, ibu jawab, "Malas, yah, panas. Nanti aja sore." Mbak Ajeng yang denger, nyeletuk dari luar, "Eleeeek!!"
Pas ibu bacain buku cerita juga, ada lembar yang menceritakan kelinci, kucing dan tikus jemput teman mereka si beruang untuk pergi berenang. Waktu tiba di rumah beruang, beruang lagi tidur bermalas-malasan di kasur gantungnya di taman. Mbak Ajeng berteriak pas dengar ibu pertama menyebut kata bermalas-malasan. Jadi, ada pelajaran tambahan baru untuk Mbak Ajeng, bahwa tidak semua kata malas itu jelek.

2 komentar:

Ning mengatakan...

sama mbak, si Raka juga lagi sering begitu, ngedenger orang2 sekitarnya ngomong, sekarang kalo lagi marah ma saya dia lagi seneng ngomong gini "bunda jelek kaya bebek pantatnya robek", awalnya saya ketawa, tapi lama2 sebel juga, ko jadi kebiasaan, belom lagi tambahan kata2 barunya yang sama sekali ga bisa dibilang bener deh, ampun2...

Luky Ekowati mengatakan...

Kebayang jeng...tp bagaimanapun mbak ajeng tinggal di Surabaya, dimana bahasa suroboyoan memang terdengar lebih kasar.

Insyaallah kl dari ayah dan ibunya konsisten memberitahu bahwa kata-kata tersebut tidak baik diucapkan dan bisa diganti dg kata yg lebih halus...kelak pas mbak ajeng umur 5 th an sudah bisa memfilter kata mana yg boleh diucapkan dan tidak.

Sun ah buat mbak ajeng yg cantik dan pintar