10 Maret 2009

Duku, Her First Word

Bulan depan Mbak Ajeng umur empat tahun. Bener-bener nggak terasa. Banyak kemajuan yang ibu nggak sempat catat di blog ini. Banyak juga hal yang bikin ibu kaget, sadar bahwa Mbak Ajeng bener-bener bukan bayi lagi :D

Salah satunya kemarin. Waktu lunch bertiga di Primarasa, ibu kaget dengar Mbak Ajeng bersuara: "eM-E-Me, eN-U-Nu, Me-nu," sambil tunjuk tulisan bagian paling atas di daftar menu. Haduh! Kagetnya gak karuan. Alhamdulillah... Setelah itu, semua yang empat huruf dibaca Mbak Ajeng dengan tingkat kesalahan minimal! Makin semangat karena tahu ibu sama ayah bangga minta ampun, hampir nggak berenti puji-puji Mbak Ajeng pinter :)

Sejak Minggu lalu memang Mbak Ajeng makin lancar baca. Kata pertama yang dibaca tanpa bantuan adalah 'Duku'. Mbak Ajeng lihat gambar di bukunya, tapi agak ragu apa itu benar seperti buah yang Mbak Ajeng kira. Trus tanya ibu.
"Ibu, ini anggur, Bu?"
Ibu lihat, "O bukan,"
"Apa?"
"Mbak Ajeng baca sendiri dong apa," *sambil tunjuk tulisan di samping gambar.
Mbak Ajeng deketin wajah ke buku, lalu dibaca pelan-pelan, "De-u-Du, Ka-U-Ku, Du-Ku," Ibu langsung teriak kaget. Seneng banget Mbak Ajeng tahu itu bacanya Duku!

Iya, ibu tahu. Ngajarin membaca yang benar bukan lagi melalui ejaan eM-e-Me dan seterusnya. Tapi ibu memang telat tahunya, bahwa teknik mengajar membaca paling tepat adalah dengan langsung membaca: Me-Ja-Bi-Ru. Jadinya, pas mau merubah lagi, justru Mbak Ajeng yang bingung. Ya sudah, ibu terusin saja cara lama asal Mbak Ajeng tetap mood belajar.
Dan karena belajarnya mengeja, Mbak Ajeng melewati fase sukses sebatas mengeja. Misalnya tulisan Buku, dibaca Be-U-Bu-Ka-U-Ku. Ya sudah segitu aja. Pasti lupa "Bu"-nya tadi setelah sampai di "Ku". Dan ini lumayan lama, sampai akhirnya Mbak Ajeng bisa baca Duku minggu lalu.

Di tembok kamar memang ibu tempelin poster abjad. Biasanya dipelajari sambil gantiin baju Mbak Ajeng, pas habis mandi atau mau tidur. Setelah Mbak Ajeng kenal semua huruf meski bacanya dibolak-balik, ibu tambahin poster ejaan. Belajarnya sering pas pulang sekolah. Mbak Ajeng kan senang main sekolah-sekolahan sama ibu. Kadang ibu yang jadi muridnya (ibu justru seneng, karena bisa pura-pura membaca ejaan secara salah, lalu Mbak Ajeng pasti akan benerin).
Setelah fasih baca ejaan meski dibolak-balik, ibu beliin buku-buku belajar membaca untuk tahap dasar; yang sebagian besar katanya hanya terdiri dari empat huruf. Belakangan, ibu beliin kalender sobek yang disobek Mbak Ajeng tiap hari. Itu berguna banget untuk ngajarin Mbak Ajeng tentang hari, bulan, tahun, urutan angka dan membaca.

Setahu ibu, di kelas Mbak Ajeng yang masih playgroup itu, belum diajarin membaca. Masih pengenalan huruf ABCD. Jempol deh buat Mbak Ajeng ;)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, yang pinter ya mba belajarnya. Jangan kayak ibumu waktu kecil yang mungkin males belajarnya.. :p *piss mba..