10 Oktober 2008

Kebeles Pipit

Mbak Ajeng dari Bali. Ikut liburan bareng teman-teman kantor ayah. Di Bali, adegan yang ibu ndak akan pernah lupa adalah waktu Mbak Ajeng kebelet pipis di tengah jalan. Kebetulan busnya memang nggak dilengkapi toilet. Jadi, kalau ada yang mau buang hajat, ngomong aja sama guide-nya.

Mbak Ajeng baru bilang mau pipis waktu perjalanan ke Sanur untuk dinner. Tapi sepanjang jalan kok ya nggak ketemu pom bensin. Guide-nya minta ditahan sebentar karena perjalanan ke resto memang sudah dekat. Ibu juga disuruh ajak Mbak Ajeng cerita, biar lupa sama kebeletnya. Tapi waktu Mbak Ajeng sudah dua kali bilang mau pipis, ibu desak busnya segera berhenti (di toko, rumah makan kek atau apa saja) supaya Mbak Ajeng bisa pipis.

Dan akhirnya bus berhenti. Tapi ibu agak bingung karena berhenti tidak di restoran atau toko atau pom bensin atau rumah warga. Melainkan di pinggir jalan tepat di persawahan hijau. Itu sudah sore dan matahari nggak terik. Tapi Mbak Ajeng benar-benar nggak mau turun.

"Pipis di pom bensin.." kata Mbak Ajeng setengah mau nangis.
Aduh, ibu kasihaaaan sekali sama Mbak Ajeng waktu itu. Sekaligus kesal sama sopir dan guide-nya yang sembarangan ngasih tempat pipis di public area begitu. Mungkin dipikirnya karena yang mau pipis kan anak kecil. Padahal Mbak Ajeng memang sudah ibu ajarin sejak kecil untuk tahu malu. Pipis itu ya di kamar mandi atau WC. Jangan ikut-ikut anak tetangga yang kadang masih pipis di halaman, depan rumah, atau bahkan kali. Dan kalau mandi, pipis apalagi eek pintunya harus ditutup. Malu.

"Pom bensinnya masih jauh, sayang..."
Mbak Ajeng geleng-geleng kepala, menolak digendong ibu turun bus.
"Nanti ibu tutup. Ndak ada yang lihat. Temannya Mbak Ajeng di bus, ndak lihat. Cawiknya pake air aqua."
Tapi Mbak Ajeng tetap ndak mau. Janji mau tahan pipisnya sebentar lagi.

Satu bus jadi heboh. Tertawa karena anak kecil aja kok mbelani nahan pipis karena malu pipis di pinggir jalan. Ada yang nawarin pampers. Ibu juga bawa, tapi Mbak Ajeng memang hanya mau pakai kalau malam menjelang tidur. Karena masih ngompol dan ibu sengaja nggak bawa perlak karena nggak praktis. Kalau ke mall atau jalan-jalan, Mbak Ajeng memang sudah lama nggak pakai pampers juga. Pasti bilang ke ibu kalau mau pipis.

Semenit kemudian, Mbak Ajeng bilang lagi "Pipis.." pas busnya berhenti di lampu merah. Ibu langsung turun saja sama ayah. Masuk ke resort yang terdekat dari situ. Banyak bule nongkrong di lobby. Resepsionisnya baik sekali karena bolehin Mbak Ajeng numpang pipis. Toiletnya bagus dan bersih. Tapi karena sudah kebelet, Mbak Ajeng langsung pipis begitu jongkok setelah celananya dilepas. Pipis buanyak di lantai toilet yang bening dan kering itu.

1 komentar:

santika saraswati pribadi mengatakan...

waaahhhh ...
kaya'nya si ibu ni bener2 berhasil mendidik anaknya ...

selamat ya bukkk !!!