17 Agustus 2008

Ajeng Lupa

Jumat (15/8) lalu ada karnaval di sekolah Mbak Ajeng. Teman-teman Mbak Ajeng yang di kelas Smile dan biasanya masuk Sabtu, ikut datang hari Jumat. Ramai deh kelasnya. Trus waktu Mbak Ajeng lagi rewel takut ditinggal ibu, ada Mas Zydan yang biasanya suka pukul-pukulan itu. Tau-tau Mbak Ajeng dipukul. Ibu belum sempat lerai, Mbak Ajeng sudah refleks balik mukul. Di rumah kemarin Mbak Ajeng ingat tentang kejadian itu.
"Aku lupa ndak 'Kuaat!!'," kata Mbak Ajeng, sambil tangan kiri-kanan diangkat seperti olahragawan sedang pamer otot. Wajah Mbak Ajeng kelihatan kecewa. Ibu bilang tidak papa, nanti kalau seperti itu lagi Mbak Ajeng bisa bilang 'Kuaat!!'.
Sejak kecil Ibu dan Ayah selalu ngajarin Ajeng tentang 'Kuaat!!' ini. Kalau lari-lari trus jatuh, atau kepalanya Mbak Ajeng kebentur kursi, Ibu ndak pernah pukul kursinya, apalagi nginjak tanahnya kuat-kuat. Kan ada orangtua yang sering nyalahin tanah, kursi atau benda-benda lain yang bikin anaknya merasa sakit sampai menangis.
Menurut Ibu itu sama sekali nggak mengajarkan tentang tanggung jawab. Kalau sakit karena jatuh, ya kan karena Mbak Ajeng memang lari-lari atau nggak hati-hati. Masa Ibu mau bilang yang salah tanahnya, lalu Ibu harus pukul tanahnya itu? Lagian ini juga sama saja ngajarin Mbak Ajeng main kasar. Nanti kalau ada apa-apa, atau kapan-kapan merasakan sakit, marah, jengkel dan sebagainya, Mbak Ajeng jadi main pukul. Karena itu kan yang diajarkan?
Gantinya, kalau Mbak Ajeng merasa sakit, Ibu langsung bilang dengan nada supersemangat: "Kuaatt!!" sambil ibu angkat tangan bergaya seolah-olah olahragawan. Dan setelah itu Mbak Ajeng jadi tidak nangis, atau batal menangis. Tersugesti oleh keyakinan Ibu. Merasa memang kuat dan sakit seperti itu tidak apa-apa.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ughh.. wise mom..:)